Ranking Blog

Search Engine Optimization

Wednesday 7 September 2011

PENINGKATAN EFISIENSI, KUALITAS, INOVASI DAN RESPONSIVENESS PADA SUPERMARKET CIRCLE K)

PEMBAHASAN

A.    Profil Perusahaan

Circle K adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri retail food dan non-food dengan konsep Convenience Store. Circle K sangat terkenal di seluruh dunia dengan menawarkan produk-produk berkualitas dan juga pelayanannya yang cepat dan ramah. Ditambah lagi dengan store yang bersih dan suasana yang menyenangkan, menciptakan pengalaman berbelanja yang sangat beda.
Sekarang Circle hadir di Indonesia dengan membawa konsep tersebut untuk diadaptasi di market lokal. Dengan mengerti pelanggan merupakan salah satu kunci untuk kesuksesan Circle K.
1.      Sejarah
Dimulai pada tahun 1951, dengan membeli 3 Kay's Food Store di El Paso Texas, sekarang Circle K telah menjadi salah satu perusahaan jaringan convenience store terbesar di US. Jaringan Circle K di seluruh dunia mencapai lebih dari 5.900 store dengan 2.400 store berlokasi di 25 negara bagian dan 3.500 store beroperasi dibawah bendera Circle K di lebih dari 6 negara diluar US termasuk Indonesia.
Pada tahun 2003, Alimentation Couche-Tard (ACT), perusahaan convenience store terbesar di Kanada dengan jumlah store lebih dari 1.900 mengakuisisi merk Circle K. Hasil dari akuisisi ini ACT mengoperasikan dan melisensi lebih dari 7.800 store di seluruh dunia.
Circle K Stores Inc. adalah perusahaan yang berdiri dan berdomisili di United States of America, sebelumnya dikenal sebagai The Circle K Corporation, yang telah membuat dan mengembangkan system bisnis Circle K di United States dan di Negara-negara lain di luar United States. Circle K Stores Inc. dan perusahaan pendahulunya adalah pemilik merk dan nama dagang Circle K beserta nama dagang yang lain yang digunakan dalam hubungannya dengan system bisnis Circle K.
PT. Circleka Indonesia Utama adalah pemegang lisensi dari Circle K Store Inc, untuk wilayah geografis negara Republik Indonesia, berdasarkan amendment No. 2 tertanggal 1 Agustus 2004 dari perjanjian lisensi terdahulu yang dibuat pada tanggal 15 Agustus 1986 antara The Circle K Corporation dengan PT Circle K Indonesia Waserba. PT. Circleka Indonesia Utama memiliki hak, sebagaimana disebutkan dalam perjanjian, untuk melisensikan kepada pihak lain merk dagang Circle K di wilayah negara Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan dalam perjanjian lisensi.
2.      Visi dan Misi
Visi Circle K adalah untuk menjadi pemimpin pasar convenience store di Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dan pengembangan jaringan yang didukung oleh sistem dan organisasi yang tangguh.
Misi Circle K adalah menciptakan pengalaman berbelanja yang mengesankan melalui pemilihan barang dan kegiatan promosi yang kreatif serta menciptakan lingkungan belanja yang aman, nyaman dan menyenangkan.
Selain itu, Circle K juga secara terus menerus menambah jaringan store melalui metode yang terstruktur dan menggali semua potensi yang mungkin untuk menjamin pertumbuhan yang sehat.
Secara internal, Circle K menciptakan proses kerja yang terintegrasi diantara fungsi-fungsi di dalam organisasi dan secara terus menerus meningkatkan kemampuan (kapabilitas) sumber daya manusia.
3.      Perbedaan supermarket Circle-K dengan supermarket yang lainnya
Circle K adalah Convenience Store dimana ada 3 aspek yang membedakan dengan store lainnya:
a. Lama waktu operasional. Circle K memiliki komitmen untuk memberikan layanan selama 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu.
b. Jenis barang yang tersedia. Store Circle K tergolong Convenience Store yang memfokuskan diri kepada penyediaan dan penjualan barang-barang makanan dan minuman untuk dikonsumsi segera (immediate consumption) dan juga menjual sedikit barang-barang kelontong (groceries).
c. Kepuasan pelanggan. Konsep layanan Circle K adalah untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan menekankan kepada kecepatan pelayanan, kebersihan dan kerapian store, keramahan karyawan, dan suasana store yang menyenangkan.

B.    Cara peningkatan kualitas dari supermarket Circle K
Circle K meningkatkan kualitasnya dengan berbagai cara. Selain melakukan pengawasan terhadap kualitas pelaksanaan operasional (monitoring) dan pemeliharaan image dengan mengunjungi store secara berkala mereka juga meningkatkan kualitas pelayanan, produk, tempat dan lain-lain. Awal kenyamanan yang diciptakan adalah dengan menyediakan tempat parkir yang leluasa bagi konsumen. Setelah parkir, konsumen akan masuk kedalam toko. Produk yang dijual di Circle K rata-rata harganya lebih mahal dibandingkan dengan toko waralaba lainnya. Produk Circle K yang dijual tidak hanya barang dari dalam negeri saja melainkan juga produk import lainnya, seperti snack atau cemilan  seperti rumput laut, permen, rokok, minuman alkohol lainnya yang mereknya jarang ditemukan di toko waralaba lainnya. Hal tersebut dilakukan Circle K untuk meningkatkan kualitas produknya agar dapat dinikmati konsumen. Tempat duduk dari Circle K pun rata-rata benar-benar nyaman. Selain itu para kasir juga memberikan pelayanan ekstra untuk customer sehingga diharapkan masyarakat akan betah dalam berbelanja disana.

C. Cara peningkatan efisiensi dari supermarket Circle K
Circle K mempunyai suatu strategi yaitu System Support yaitu Setiap toko akan didukung dengan sistem proses order secara otomatis dari setiap toko ke gudang distribusi untuk menjalin pengadaan barang yg cepat dan efisien. Circle K juga meningkatkan efisisensi penjualannya dengan cara hanya menjual item produk yang terbatas yaitu kebutuhan yang sifatnya mendesak, Contohnya adalah makanan dan minuman ringan. Hal ini dilakukan Circle K untuk meningkatkan efisiensi dengan cara mengincar produk-produk yang rata-rata dibeli oleh pelanggan saja. Selain itu Circle-K mempunyai  fasilitas tambahan yaitu alat pembuat kopi dan alat untuk menyeduh air panas. Hal tersebut dapat berfungsi untuk menambah efisiensi yakni pelayan dapat sekaligus membuatkan mie cepat saji atau berbagai prduk kopi yang akan disajikan kepada konsumen Sedangkan layanan dari Circle K yang lainnya dapat berupa  mesin ATM yang merupakan value added bagi pelanggan saat berbelanja di store Circle K, hal tersebut berfungsi untuk berjaga-jaga semisal customer tersebut hendak mengambil uangnya yang ada di ATM.. Tata ruang dari circle-K pun sangat minimalis sehingga tidak membutuhkan ruangan yang begitu luas untuk pembangunannya.

D. Cara peningkatan inovasi dari supermarket Circle K
Circle K mendesain program-program promosi untuk menarik minat pelanggan untuk berbelanja di store Circle K. Hubungan dengan supplier yang baik dapat memberikan nilai tambah dalam merancang program-program promosi. Selain itu Circle K juga mulai melakukan kerjasama dengan perusahaan lain yang bertujuan untuk memperluas pangsa pasarnya contohnya adalah dengan berkerjasama dengan stasiun bahan bakar Shell. Shell dan Circle K telah mengumumkan aliansi strategi bisnis. Aliansi dua perusahaan asing tersebut menyepakati kehadiran toko serba ada Circle K di setiap stasiun pengisian bahan bakar Shell. Kini, selain mengisi dapat menikmati bahan bakar berkualitas, pelanggan juga bisa membeli berbagai variasi produk yang lebih banyak dengan nyaman di convenience store Circle K di lokasi yang sama.

E. Cara peningkatan responsiveness dari supermarket Circle K
Cara peningkatan responsiveness dari supermarket Circle K yaitu biasanya kasir (atau pramusaji, atau apapun istilahnya) akan memberikan salam selamat datang dengan tujuan menciptakan simpati dan kedekatan dengan konsumen yang berdampak pada konsumen akan merasa sangat dihargai. Setelah masuk, konsumen akan mencari barang yang dibutuhkan. Sampai tahap ini, tenaga kasir dapat menawarkan bantuan untuk mengarahkan konsumen menuju letak barang yang dicari konsumen, atau bahkan menawarkan Circle K adalah sebuah minimarket yang beroperasi 24 jam penuh. belanja bagi konsumen. Sikap ini akan menciptakan sebuah emphaty bagi konsumen. Sebab itu, pengetahuan tentang produk (product knowledge) mutlak harus dimiliki oleh tenaga kasir. Tahapan selanjutnya, adalah ketika konsumen akan membayar di kasir. Konsumen pada dasarnya (dimanapun) tidak suka mengantre (dalam hal apapun). Disini dibutuhkan desain meja kasir dan tambahan mesin kasir yang dapat mengantisipasi apabila terjadi lonjakan traffic konsumen yang datang ke toko. Tanpa antrean, maka konsumen akan merasa nyaman.Hal ini menjadikannya popular di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dimana konsep minimarket seperti ini masih jarang. Circle K menjadi trend-setter bagi banyak minimarket sejenis yang muncul kemudian hari. Saat ini Circle K populer di kalangan remaja kota besar di Indonesia. Di mata remaja, Circle K dicitrakan sebagai minimarket zaman sekarang, mereka menyediakan berbagai minuman alkohol dan rokok yang cukup lengkap dan beroperasi 24 jam, sebuah hal yang diminati oleh remaja Indonesia masa kini. Pembeli dari gerainya juga diijinkan untuk duduk di depan gerainya sambil menikmati belanjaannya sehingga secara tidak langsung Circle K menjadi kawasan berkumpulnya remaja di kala malam hari.
Selain itu bagi masyarakat yang ingin membuka franchise Circle K pihak Circle akan membantu para calon franchisor untuk membuka usahanya sendiri melalui bisnis franchise ini dengan sangat mudah. Pengalaman-pengalaman tersebut juga di tuangkan dalam buku panduan yang disebut dengan SOP (Standard Operational Procedure) sehingga memudahkan franchisee Circle K dalam mengoperasikan toko. Circle mengharapkan melalui bisnis franchise ini, kedua belah pihak dapat mengambil benefitnya. Pihak Circle-K sangat berkomitmen dalam membantu para franchisornya saat membangun bisnis supermarket Circle-K. Hal itu dapat dilihat dari strategi pihak Circle-K dalam menyukseskan bisnis franchisenya yaitu
1. Store Set Up Support
Dari sejak awal franchise akan membangun tokonya,Circle K telah menempatkan seorang manajer untuk membantu pemilik franchise menyusun rencana proyek,dari menyusun anggaran hingga jadwal kerja.

2. Marketing and Merchandising Support
Circle K membuat program-program promosi dan memberikan material-material promosi yang diperlukan oleh franchise dan juga Circle K memberikan panduan pemajangan barang berupa planogram termasuk perubahan-perubahannya.
3. Grand Opening Support
Circle K memberikan bimbingan dan pendampingan selama masa pembukaan store sampai dengan hari ke 14.Sesudahnya Circle K akan membantu franchise membuat rencana grand opening,menyusun time table,serta memberikan segala material yang diperlukan yang berhubungan dengan program grand opening.
4. HR Development Support
Sumber daya manusia juga menjadi hal penting dalam bisnis layanan 24 jam ini.Itu sebabnya,Circle K juga mensyaratkan bahwa training dan pengembangan karyawan menjadi paket wajib dan yang tidak bisa lepas dari kontrak franchise ini.
5. Business Consultation Support
Franchise Business Consultant Circle-K akan membantu dalam mengevaluasi performance store dan mengembangkan rencana kerja untuk mencapai target pertumbuhan bisnis convenience store.
6. Financing Management Support
Dua tahun pertama program franchise,Circle K membantu mengelola keuangan franchise dengan mengelola rekening franchise yang dikuasakan kepada Circle K untuk mengontrol uang penjualan,biaya-biaya,dan hutang piutang yang terjadi.Circle K memberikan standart prosedur akunting dan cost control kepada franchise dalam bentuk training maupun software yang dapat digunakan oleh franchise.


DAFTAR PUSTAKA

·      http://www.majalahduit.co.id
·      http://hendrybrotherhood.blogspot.com/
·      http://ryan-lordy.blogspot.com
·      http://wartawarga.gunadarma.ac.id







No comments:

Post a Comment