Ranking Blog

Search Engine Optimization

Monday 27 May 2013

pengalaman lucid dream

Mau membahas tentang lucid dream

sebelumnya mari kita bahas apa itu lucid dream :



sebenarnya saya merekomendasikan nonton film inception dulu sih. karena itu salah satu film yang terkenal yang menggambarkan sedikit tentang lucid dream. 

"lucid dream itu intinya mengendalikan mimpi. secara teori jika kita bermimpi dan kita namun kita sadar bahwa saat itu kita sedang bermimpi maka kita akan dapat mengendalikan mimpi tersebut


berikut ini poin-poin penting agar kita bisa lucid dream

note : kalo ga terbiasa biasanya akan susah melakukan lucid dream karena secara teori tidak mungkin waktu di alam mimpi kita sadar bahwa itu adalah mimpi. cara gampangnya adalah dengan sengaja menjaga kesadaran pada waktu kita mau waktu ideal untuk lucid dream adalah pagi hari karena disitu tubuh kita masih lelah namun kita dipaksa melakukan kegiatan (seperti sekolah, kerja dll) 


  • usahakan badan waktu itu capek dan ngantuk (ngantuk berat lebih bagus)  posisikan badan dan pikiran serileks mungkin. lambat laun badan kita akan akan kehilangan kekuatan bersamaan itu pikiran kita juga kehilangan kesadaran. tetap jaga kesadaran tanpa mengurangi keadaan rileks. 
  
  • Nah selanjutnya kita akan masuk pada tahap sleep paralysis (bahasa lokalnya tindihan) disini kita ga bisa menggerakkan badan kita. usahakan tetap tenang dan tetap pertahankan kesadaran. kalau udah nanti kita akan merasa melihat cahaya terang. dan kita akan masuk ke dunia yang kabur (itu dia dunia mimpi) lalu mari lanjut ke tahapan selanjutnya
  • disini bagian tersulit. kita harus bisa mempertahankan dunia tersebut. caranya adalah pokoknya kita ga boleh takut, tetap tenang (ga boleh terlalu senang maupun sedih) harus sangat fokus. dan yang paling penting adalah selalu lakukan accepting (penyetujuan) untuk accepting sendiri akan saya bahas lebih lanjut dibawah 
  • accepting sendiri adalah menerima segala yang terjadi. biasanya dunia lucid dream masih ga berbentuk/abstrak pada awalnya dan bentuk awalnya mendekati hal2 yang yang berkaitan dengan diri kita (semisal kalau kita lagi stress mikirin ujian, kita biasanya berawal di ruang kelas, atau semisal kalau kita masih terbayang enaknya ngedate sama pacar di bioskop sabtu kemarin. dunia kita akan berawal di bioskop). Intinya dunia kita adalah apa yang kita pikirkan belakangan ini. jadi semakin kita berpikir kalau ini dunia mimpi biasanya kita akan gagal (menurut pengalamanku)

  • setelah dunia udah terbentuk hampir sempurna (sudah kelihatan utuh, padat) pertahankan pikiranmu di dunia ini. biasakan dahulu dan cobalah mengamati pergerakan duniamu dan rasakan dengan penuh penghayatan (orang2 berjalan, gerakan pohon, suasana pemandangan)  tanamkan dalam pikiranmu seolah-olah ini memang duniamu dan ini bukanlah dunia mimpi. usahakan tetap lakukan accepting atau menipu dirimu sendiri

  • kalau sudah pastinya dunia-mu akan semakin solid dan terlihat semakin jelas. disini coba kamu melukis kecil-kecilan (membuat sebuah objek) kecil-kecilan aja dulu semisal merubah warna obyek, membelokkan jalan

  • setelah itu baru ke tingkatan yang lebih tinggi (dan yang paling enak) membuat hal-hal yang tidak mungkin seperti membuat pohon yang tinggi sekali

  • dan yang paling tinggi (dan mungkin yang paling susah scara saya belum pernah melakukannya yaitu menggambar sesuatu yang ada di dunia nyata contoh : menciptakan artis favorit (karakter dll) biasanya yang paling sudah adalah membuat wajah sih.

  • ingat tetap fokus (tetap tipu dirimu sendiri dan bayangkan dunia ini adalah dunia yang sesungguhnya) kalo tidak dunia lucid dream-mu akan hancur). walaupun di tahap ini biasanya duniamu udah cukup kuat dan ga mudah goyah sesuai pikiranmu

untuk keuntungan/efek positif bisa melakukan lucid dream sendiri menurutku adalah


  • salah satu fungsi yang mungkin sangat berguna adalah kita bisa lari dari mimpi buruk. pernah ga kalian mimpi dikejar2 setan atau zombie dll. annoying banget kan. apalagi kalau makhluk tersebut bisa lari cepat dll. jika kalian menguasai lucid dream anda akan isa menanggulangi keadaan tersebut (minimal ga sampek takut lah) karena kita bisa menjadi penguasa dalam mimpi tersebut. dan bisa mengatur ruang dan waktu dari mimpi kita (menghentikan waktu, berlari cepat bahkan menghilangkan makhluk menakutkan yang mengganggu kita itu)
  • jadi lebih imajinatif. kayaknya emang ga bisa dibantah deh seorang lucid dreamer pasti mempunyai imajinasi yang tinggi.
  • level mimpimu akan lebih seru (aku merasa setelah nyoba2 lucid dream, mimpi2ku jadi lebih seru aja)

untuk pengalamanku sendiri/image yang pernah bisa saya bentuk diantaranya adalah


  • membuat suatu rumah (sadar), berdansa dengan wanita (sadar) diiringi dengan lagu

  • membuat suatu pemandangan di hutan (kayak dungeon2 di game RPG) dengan ular besar banget yang melilit suatu pohon (sumpah keren banget) kebetulan waktu itu aku emang niat belajar melukis mimpi sih (bikin suatu pemandangan)
negatif/pengalaman buruk melakukan lucid dream

  • Alhamdulillah selama ini ga pernah ada pengalaman buruk. palingan dulu pernah ga bisa keluar (itu waktu aku masih kecil dan emang ga ada niat buat lucid, cuma kebetulan sadar aja didalam mimpi) pada saat parno-parnonya. aku mengangkat tanganku 90 derajat (kayak posisi mengepakkan sayap terbang) dan menepuk kedua tangan (entah dapet inspirasi darimana) dan akhirnya bisa keluar.



thx semoga bermanfaat

21 comments:

  1. gimana om kalo gak bisa keluar dari lucid dream??

    ReplyDelete
  2. Bisa keluar kok. Tinggal pikirkan aja tubuh kita trus balik dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pernah abis ld mau bangun g bisa pas mejamin mata (rasanya ky kegoncang lama trus buka rasanya sudah berubah dan kembali di dunia nyata ternyata abis check reality ternyata masih mimpi dan itu keulang berkali kali dan bisa bangun pas gua dibangunin (gua ketiduran abis sholat subuh)

      Delete
  3. @diar : iya gampang kok keluarnya. dulu kan saya masih kecil jadi pikirannya masih takut. intinya kalau sadar otomatis dimensi mimpi kita akan pecah dan terbangun dengan sendirinya.

    walau jujur saya dulu juga punya pengalaman sudah sadar tapi masih tetap dialam mimpi (bahkan sempat tanya sama diri sendiri "ini mimpi ga ya") . mungkin karena tingkat kesadaran saya waktu itu ga terlalu besar

    ReplyDelete
  4. @anonim : hmm bukannya itu Astral Projection ya. setahu saya kalo benar2 gabisa keluar. cara alternatifnya mencoba jatuh dari tempat tinggi *ntar otomatiskan takut*. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah q mau belajar lucid dream nih,
      Dah beberapa kali sadar kalo sedang mimpi tp tetep aja takut saat mimpi buruk,
      Btw, kalo mimpi kok g solid gitu mimpiku y,,

      Delete
  5. @widiayatmoko : itu wajar gan. saya juga kayak gitu. tantangan utama dari belajar lucid dream emang mengatasi ketakutan. tapi InsyaAllah kalau udah bisa lucid dream kita bisa mengendalikan mimpi buruk kita kok. justru mimpi buruk menurutku sangat membantu kita dalam belajar lucid dream. monster/hantu tersebut membuat kita merasa janggal dan merasa aneh sendiri kemudian sadar kalau itu mimpi. dan akhirnya bisa lucid dream deh

    untuk mimpi yang ga solid itu wajar. mimpi yang solid biasanya terjadi kalau kita ga sadar itu mimpi. semakin kita sadar dimensi mimpi akan hancur
    kalau mau belajar paling enak waktu pagi gan. pas ngantuk-ngantuknya coba jaga kesadaran waktu tidur. sering2 reality check. tulis jurnal mimpi dll

    ReplyDelete
  6. Wah kudu nyoba nih LD, pengen coba jd penyihir lord of the rings

    ReplyDelete
  7. aku nyoba berkali-kali tapi tetep ngerasa hitam doang. dan gak ada yang terjadi, kasih tips buat aku donggggg

    ReplyDelete
  8. @anonim : kurang dalem tuh. tetep tunggu aja sampek ada cahaya putih
    @Nikolau dimas : kalau jadi character film butuh latian khusus. agak susah menurutku

    ReplyDelete
  9. saya sering lucid dream,..
    saya jadi lebih betah di dunia lucid dream dari pada di dunia nyata , di dunia lucid dream semua yang saya mau ada dan terwujud , cuma kita pikiran aja udah langsung ada..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. saya sering misal lagi terlalu capek biasanya sleep paralyse. rasanya semua tubuh kaku gabisa gerak,sesak nafas,gabisa teriak dll. nah biasanya selalu muncul sosok seram. pertama kali sleep paralyse takut bgt. cuman bisa baca baca ayat kursi. karna ada makhluk seram itu. saya pikir itu hanya nightmare.lalu stlh bbrp kl sering kejadian, jadi saya menyimpulkan makhluk itu muncul karna pikiran sendiri. sebelum saya mensugesti ada makhluk itu saya segera membayangkan hal indah. dan malah jadi berlanjut mimpi. ditengah tengah saya merem tapi tersadar bahwa sdg mimpi. saya lanjutkan saja. termasuk lucid dream kah itu?

    ReplyDelete
  12. kalau sudah sleep paralysis knp aku gak ada perubahan gitu ya min.. seperti tidak ada yang berubah jadi yaa kyk ketindihan aja satu badan, tapi susah banget untuk nggak nelen ludah pas saat tindihan itu .. mungkin itu bisa jadi penyebabnya gitu atau ada yang harus dihindari lagi saat tahap itu ?

    ReplyDelete
  13. Aku ngalamin. Beberapa kali. Aku ga berniat buat lucid dream. Aku sadar di dalam mimpi... pas aku sadar aku berusaha bangun. Nah ketika berusaha bangun aku ngalamin lumpuh tidur, kayak aku gabisa gerak... tapi aku berusaha berontak pokoknua aku harus bangun. Terus ketika bangun aku agak bingung, lupa aku lagi dimana. Baru sekitar 10 menit aku bener2 sadar aku lagi di mana.

    ReplyDelete
  14. Oom waktu itu aku pernah sadar bahwa aku sedang bermimpi, dimimpi aku tu aku sama seperti dunia nyata yaitu berbaring ditempat tidur hp ku tepat ada disebelah ku sama seperti dunia nyata gitu oom tapi saat dimimpi tu tubuh aku ga bisa gerak mulutku ga bisa berbicara, kata mama aku itu di impit SIAMPA ( Hantu yg terkenal di minangkabau) Menurut oom itu lucid dream atau memang aku diganggu makhluk halus???

    ReplyDelete
  15. Di dunia ini belum ada yang terjebak selamanya di lucid dream bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab.
      Kayak nya blm, lucid dream tu kaya kmu berada di dunia fantasy yg kmu pikirkan bisa terjadi scara gtu aja

      Delete
  16. Cara bangun yang paling mudah itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna itu mimpi sadar, jadi kalo mau bangun pikirkan aku ingin bangun/selesai

      Delete
  17. Cara bamgun yang paling mudah itu gimana ya?

    ReplyDelete